Selasa, 29 Maret 2011

Manfaat Buah Lerak

Indonesia memiliki keanekaragaman tumbuhan, baik tumbuhan yang memiliki manfaat ataupun hanya sebagai tanaman hias. sebagian besar masyarakat Indonesia belum banyak mengetahui bahwa tumbuhan yang tumbuh disekitar mereka memiliki khasiat yang luar biasa untuk memenuhi kebutuhan. Salah satunya adalah tanaman buah lerak. Mungkin tanaman ini sangat jarang kita dengar. Hal ini di sebabkan oleh produk - produk yang modern yang lebih praktis. Zaman dahulu, sebelum masyarakat mengenal deterjen, mereka menggunakan buah lerak untuk mencuci pakaian dan mandi. Buah lerak merupakan salah satu tanama serbaguna. Tanaman ini dapat di gunakan sebagai bahan untuk mencuci non kimia dan tidak merusak bahan pakaian. Seperti untuk mencuci pakaian kain batik, pengharum ruangan dan membersihkan peralatan dapur bahkan untuk biopestisida (pembasmi serangga).

Berikut ini beberapa cara menggunakan buah lerak :
01. Untuk mencuci pakaian batik
       Keringkan buah lerak, kemudian ditumbuk halus dan dicampur dengan air hangat. Larutan ini dapat digunakan untuk merendam batik selama semalam. Pencucian batik dengan ekstrak buah lerak dapat mempertahankan kualitas kain.


02. Untuk mencuci pakaian biasa
      Mencuci pakaian dengan menggunakan tangan dengan cara menghancurkan 5 butir buah lerak menggunakan palu atau mengiris kecil - kecil menggunakan pisau. Buah lerak yang sudah hancur dicampur dengan 300 mL air panas, biarkan hingga dingin kemudian disaring. Larutan yang disaring itulah yang dogunakan untuk mencuci.

03. Untuk mencuci dengan menggunakan mesin cuci
      Masukkan 3-5 buah lerak ke dalam kantong kain yang tersedia, lalu masukkan kedalam mesin cuci. Aturlah suhu air dalam keadaan dingin/sedang dengan putaran normal. Agar bekerja efektif dan normal, usahakan lerak dapat bersirkulasi secara bebas dan tidak terjebak dalam ukuran kain yang berukuran besar.

04. Untuk membersihkan peralatan dapur
      Untuk membersihkan peralatan dapur, hancurkan 5 butir buah lerak menggunakan palu atau mengiris kecil - kecil menggunakan pisau. Buah lerak yang sudah hancur dicampur dengan 300 mL air panas, biarkan hingga dingin kemudian disaring. Larutan yang disaring merupakan konsentrat saponin dari lerak, yang dapat digunakan untuk membersihkan peralatan daput, lantai, maupun barang kerajinan lainnya.

05. Biopestisida
      Untuk membasmi nyamuk, bahan yang digunaka buah/biji lerak dan etanol 90%. Buah dan biji dikeringkan kemudian ditumbuk hingga menjadi serbuk. Larutkan 10 gram lerak ke dalam 100 mL etanol 90%. Jika ingin membuat 1L maka takaran untuk serbuk lerak 100 gram. Larutan tersebut dapat digunakan untuk mengendalikan jentik nyamuk, membasmi nyamuk dewasa, dan bersifat sebagai refelen yang dapat mencegah kehadiran nyamuk. Untuk mencegah demam berdarh, dapat dicampurkan ke ddalam bak mandi.

Sumber : http://untukbumiku.blogspot.com/2009/07/anak-anak-zaman-sekarang-sudah.html



 

  


3 komentar:

  1. makasih artikelnya, mulai sekarang aku akan memakai klerak untuk mencuci batik,

    BalasHapus
  2. Setuju sekali
    Mau beli sari lerak?
    Bisa cek disini:
    tokopedia.com/sarilerak

    BalasHapus
  3. Thanks for sharing.. Mau tahu lebih banyak tentang cara membuat batik?. Sekarang anda tidak perlu bingung lagi, anda bisa mendownload video tutorial membuat batik di Fitinline.

    BalasHapus